Laporan Direksi

Yth, Para Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan,

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan hikmat yang senantiasa menaungi kita semua dan atas kesehatan yang diberikan kepada kita semua di tengan pandemi covid-19 yang hingga kini mulai mereda, dan khususnya atas penyertaan dan tuntunanNya sehingga perseroan masih bisa melalui tahun 2021.

Kinerja Usaha 2021

Tahun 2021 memiliki tantangan yang cukup berat bagi perseroan. Covid-19 yang mempengaruhi kondisi perekonomian dan industri secara global dan nasional berimbas pada industri energi.

Menghadapi tantangan tersebut, perseroan telah mengimplementasikannya secara beragam langkah strategis dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang tepat dan konsisten guna mendukung keberlanjutan bisnis inti serta memperkuat struktur keuangan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk senantiasa bertumbuh dan memberikan nilai positif kepada para pemegang saham dan pemangku kepentingan. Namun demikian secara keseluruhan di tengah pandemi, Kementerian ESDM mencatatkan konsumsi listrik perkapita di sepanjang 2021 naik menjadi 1.123 kWh/kapita dari sebelumnya di 2020 sebesar 1.089 kWh/kapita. Pada tahun 2022, Kementerian ESDM memproyeksikan konsumsi listrik perkapita naik signifikan dibandingkan tahun lalu menjadi 1.268 kWh/kapita.

Sepanjang 2021, investasi sektor ESDM menunjukkan perbaikan. Tercatat realisasinya mencapai US$ 28,2 miliar atau 107% dari tahun 2020. Perincian investasi ini ialah dari subsektor migas memberikan kontribusi investasi terbesar senilai USD 15,9 miliar. Disusul subsektor ketenagalistrikan sebesar USD 6,8 miliar, minerba USD 4,1 miliar dan EBTKE sebesar USD 1,4 miliar. Melihat pencapaian tersebut, pemerintah pun menetapkan target investasi sektor ESDM tahun 2022 ditargetkan mencapai USD 32,6 miliar.

Dalam menjalankan roda usaha di tahun 2021, Direksi tidak mengabaikan penerapan protokol kesehatan dan selalu konsisten dalam melakukan aktivitas pekerjaan selama pandemi Covid-19. Hal ini sejalan dengan upaya manajemen dalam menjaga kesinambungan operasional perseroan dan mempercepat proses uji-tuntas yang dilakukan oleh strategic investor terhadap proyek-proyek perseroan yang dilaksanakan sejak bulan April 2021 sampai dengan awal tahun 2022.

Direksi melaksanakan 2 (dua) strategi selama tahun 2021, yaitu : strategi pertama meningkatkan pendapatan dari jasa pemeliharaan pembangkit listrik melalui kerjasama operasi (KSO) dan Non KSO dengan Mitra Usaha perseroan yang telah didahului dengan penandatanganan Kerja Sama Operasi (KSO) pada tahun 2019 untuk periode 2019-2022. Jumlah nilai KSO mencapai Rp49 Miliar. Realisasi KSO di tahun 2021 sebesar Rp10,67Miliar dan Non KSO sebesar Rp28,02Miliar, sehingga total pendapatan jasa pemeliharaan pembangkit di tahun 2021 mencapai Rp38,69Miliar atau naik 211,34% dibandingkan periode yang sama di tahun 2020 yaitu Rp12,43Miliar, sehingga memberikan kontribusi terhadap meningkatnya Laba Bersih periode tahun 2021 mencapai Rp7,93Miliar atau meningkat 69,80% dibandingkan periode yang sama di tahun 2020 yang sebesar Rp4,67Miliar.

Strategi kedua, adalah percepatan penyelesaian uji-tuntas proyek-proyek perseroan yang dilakukan oleh strategic partner yang melibatkan Konsultan Hukum Internasional dan afiliasinya di Indonesia dan Tim Investor dari luar negeri. Pelaksanaan uji-tuntas ini dilakukan setelah Tim Investor dan manajemen perseroan sepakat atas term-sheet yang dihasilkan yang mencakup target kinerja proyek berdasarkan perjanjian jual-beli listrik (Power Purchase Agreement) yang telah ditandatangani antara perseroan sebagai “penjual” dan PT PLN (Persero) sebagai “pembeli”; Nilai Investasi Awal yang telah dibelanjakan oleh perseroan, Estimasi Nilai Investasi untuk penyelesaian proyek, skema pembiayaan, estimasi suku bunga pinjaman, dan jangka waktu pinjaman. Kesepakatan yang dituangkan pada termsheet proyek, ditandatangani pada bulan April 2021.

Penyelesaian uji-tuntas oleh Konsultan Hukum dan Tim Investor dicapai pada bulan Agustus 2021 saat ditandatanganinya Share Subscription Agreement (SSA) dan Development Loan Agreement (DLA) pada awal tahun 2022. Kepastian tentang realisasi pembiayaan dari strategic partner perseroan diwujudkan dengan diterbitkannya Jaminan Pelaksanaan untuk PLTM Batang Toru-4 dengan nilai Rp23,11Miliar dengan counter guarantee funds berasal dari strategic partner.

Manajemen perseroan dan strategic partner mentargetkan pelaksanaan ground breaking dari 2 (dua) proyek PLTM akan dilaksanakan pada akhir bulan Juni 2022 dan diikuti oleh proyek ke-3 pada bulan berikutnya. Adapun target penyelesaian pembangunan adalah 18-24 bulan.

Dividen

Manajemen menyadari bahwa pembagian dividen kepada para pemegang saham belum dapat dilakukan pada tahun ini (2022), mengingat laba yang dihasilkan pada periode tahun 2021 tidak memadai untuk dilakukan pembagian dividen.

Harga Saham

Manajemen tetap berusaha agar Harga Saham perseroan di Pasar Modal tidak mengalami penurunan sehingga mengancam delisting dari pasar modal. Meningkatkan profitabilitas perseroan dan percepatan pembangunan proyek-proyek hydro power plant adalah usaha secara fundamental untuk menjaga harga saham tetap berada pada harga yang wajar.

Perencanaan Perusahaan Tahun 2022

Perseroan memiliki rencana kerja tahun 2022 sebagai berikut :

  1. Penunjukkan Manajemen Konsultan Proyek (Project Consultant Management) yang akan mewakili perseroan dalam menetapkan standar kerja proyek, mengawasi dan menguji hasil pekerjaan kontraktor dan supplier dari 3 proyek PLTM.
  2. Pelaksanaan Konstruksi 3 (tiga) PLTM, yaitu PLTM Sisira dengan kapasitas 2x4,9 MW, PLTM Batang Toru-3 dengan kapasitas 2x5 MW, dan PLTM Batang Toru-4 dengan kapasitas 2x5 MW yang semuanya berlokasi di Daerah Layanan PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara. Target ini dapat ditetapkan dengan pertimbangan telah selesainya uji-tuntas oleh strategic partner yang merupakan investor terhadap tiga proyek tersebut. Dalam program kerja ini termasuk aktifitas pemesanan turbin dan mekanikalelektrikal yang dibutuhkan oleh tiga proyek tersebut.
  3. Reorganisasi Kantor Pusat Perseroan, dan penyusunan organisasi untuk setiap proyek PLTM.
  4. Melakukan perekrutan calon manager PLTM dan operator serta pegawai pendukung operasional dan administrasi untuk setiap PLTM.
  5. Melakukan pelatihan terhadap calon karyawan baru, baik untuk kantor pusat maupun untuk setiap proyek.
  6. Melakukan kajian bersama strategic Raisan Naga Timbul dan Raisan Huta Dolok yang masing-masing berkapasitas 2x3,5 MW dan yang berlokasi di Daerah Layanan PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara.
  7. Bersama Strategic Partner melakukan penelitian dan persiapan untuk memenuhi persyaratan Perjanjian Jual-Beli Listrik (Power Purcahse Agreement / PPA) dengan PT PLN, serta persiapan pembangunan PLTA Teunom-2 dan Teunom-3 yang masing-masing berkapasitas 332 MW dan 145 MW, yang berlokasi di Propinsi Nanggroh Aceh Darussalam. Target perolehan PPA dan pembangunan dari 2 (dua) proyek ini adalah tahun 2023.
  8. Melakukan kajian bersama strategic investor untuk melakukan aksi korporasi di Bursa Efek Indonesia, dalam rangka menambah likuiditas saham yang beredar dan funds raising untuk pembiayaan proyek-proyek yang sedang dalam persiapan konstruksi maupun proyek-proyek berikutnya. Draft Partnership Agreement dengan strategic partner sudah dibahas dan dipersiapkan, yang rencananya akan dilaksanakan isi perjanjian tersebut, termasuk aksi korporasi di bursa efek.
  9. Mempertahankan dan meningkatkan jasa pemeliharaan pembangkit listrik yang telah berjalan selama ini, dalam rangka meningkatkan pendapatan sambil menunggu terselesaikannya pembangunan proyek-proyek hydro power plant.
  10. Menjaga tingkat likuiditas dan solvabilitas pada tingkat yang wajar sesuai dengan kebutuhan perseroan dan standar yang sehat.

Penutup

Pencapaian kinerja tahun 2021, tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama banyak pihak, khususnya para pemegang saham, yang tiada henti dan secara terus menerus mendukung terwujudnya visi dan misi perseroan.

Sebagai penutup dari laporan tahun 2021, izinkan kami mengucapkan terima kasih yang sebesarbesarnya dan apresiasi yang sedalam-dalamnya kepada seluruh karyawan perseroan atas dedikasi, loyalitas serta kerja kerasnya dalam mendukung target dan realisasi bisnis perusahaan hingga tumbuh dengan baik seperti sekarang ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan, mitra bisnis, OJK, BEI, KSEI, Para Pendiri, Dewan Komisaris, serta seluruh Pemegang Saham atas dukungan dan kerjasamanya selama ini.

 

Jakarta, 25 Juni 2022

Djani Sutedja
Presiden Direktur